Content Management System (CMS) : Kuliah Pengantar

Apa yang di maksud dengan CMS?

Content Management System merupakan suatu set perpaduan proses, teknologi yang digunakan untuk dapat mendukung, mengumpulkan, mengelola dan mempublikasikan, dan menyebarkan informasi dari berbagai bentuk atau media. CMS atau juga bisa disebut WCMS (Web CMS) merupakan sistem atau aplikasi web yang dapat mengelola konten digital yang dapat berupa teks, gambar, video, audio dan sebagainya.

CMS memberikan kemudahan-kemudahan kepada para penggunanya (pengelolanya) dalam mengolah, mengelola, mengupload, mengedit konten untuk ditampilkan pada sebuah web dan mengadakan perubahan isi konten sebuah website tanpa perlu harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, Javascript dan lain sebagainya.

Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor maupun yang baru belajar web designer/development atau orang awam sekalipun setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster.

Pada dasarnya, arti dari content management adalah pengelolaan isi atau konten dengan memanfaatkan koneksi dengan halaman web sehingga proses maintenance (pemeliharaan) dapat dilakukan lewat web browser.

Agaknya sulit untuk mendefinisikan CMS secara utuh karena meliputi sifat dan berbagai fungsi yang sangat beragam. Karena sistem ini saling berkaitan juga dengan perusahaan pembuat software, opensource atau aplikasi-aplikasi di dunia, maka sistem ini akan selalu berkembang secara berkelanjutan yang pada prinsipnya sistem ini akan selalu dikembangkan menjadi sistem yang terintegrasi dengan sistem lainnya dan akan selalu disempurnakan.

CMS bekerja dengan konsep yang berbeda dengan aplikasi web yang lainnya. Pada CMS sisi View/Desain/Tampilan/Template dipisahkan dengan Content/Isi sehingga hal ini dapat menjaga konsistensi tampilan dan dapat senantiaasa dijaga dengan baik.

Karena CMS memisahkan antara isi dan desain, konsistensi tampilan dapat senantiasa dijaga dengan baik. Setiap bagian dari website dapat memiliki isi dan tampilan yang berbeda-beda, tanpa harus khawatir kehilangan identitas dari website secara keseluruhan. Oleh karena semua data disimpan dalam satu tempat, pemanfaatan kembali dari informasi yang ada untuk berbagai keperluan dapat dengan mudah dilakukan.

CMS juga memberikan fleksibelitas atau kemudahan dalam mengatur alur kerja atau ‘workflow’ dan hak akses, sehingga memperbesar kesempatan berpartisipasi dari pengguna dalam pengembangan website. Hal ini akan sangat menguntungkan bila website yang dikelola memiliki kompleksitas yang tinggi dan mengalami kemajuan yang cukup pesat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s